𝐓𝐡𝐞 𝟏𝟎𝐭𝐡 𝐌𝐚𝐭𝐡 𝐂𝐨𝐦𝐩𝐞𝐭𝐢𝐭𝐢𝐨𝐧 𝐨𝐟 𝐔𝐧𝐬𝐢𝐤𝐚 𝟐𝟎𝟐𝟑: 𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐂𝐚𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐋𝐨𝐦𝐛𝐚 𝐂𝐞𝐫𝐝𝐚𝐬 𝐂𝐞𝐫𝐦𝐚𝐭 𝐬𝐞- 𝐉𝐚𝐰𝐚 𝐁𝐚𝐫𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐧 𝐃𝐊𝐈 𝐉𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚


Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himadiktika) Universitas Singaperbangsa Karawang tahun ini telah menyelenggarakan kegiatan tahunan yaitu Math Competition of Unsika (MCU). Kegiatan MCU ini berupa olimpiade matematika jenjang SMP dan SMA dan lomba esai untuk mahasiswa tingkat nasional. Uniknya, pada satu dekade dilaksanakannya MCU terdapat penambahan cabang lomba yaitu cerdas cermat matematika untuk jenjang SMA/SMK/Sederajat. Perlombaan matematika pada MCU tahun ini digelar pada tingkat Jawa Barat dan DKI Jakarta sedangkan untuk esai digelar kejuaraannya ditingkat nasional. The 10th Math Competition of Unsika 2023 ini memiliki tema  "Menciptakan Generasi Muda melalui Kompetisi Berkualitas dengan ACTION (Achievement Through Math Competition) sebagai Agen Perubahan Menuju Indonesia Emas 2045." yang dilaksanakan selama 2 hari pada Sabtu, 14 Oktober 2023 dan Kamis, 19 Oktober 2023.

Di tahun 2023 ini, MCU diadakan secara offline yang bertempat di Aula Unsika dan dihadiri oleh peserta dari tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa. Kegiatan Opening Ceremony MCU dilaksanakan pada Kamis, 19 Oktober 2023 dan diresmikan langsung oleh Prof. Dr. Sutirna, S.Pd., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang. Ketua pelaksana MCU 2023, Seruni Anggraeni menjelaskan bahwa terdapat tiga mata lomba yang diadakan dalam acara MCU 2023, “Tahun ini terdapat tiga mata lomba, yaitu olimpiade matematika tingkat SMP/MTs dan olimpiade matematika tingkat SMA/MA, cerdas cermat SMA/MA serta lomba esai tingkat nasional” ucapnya saat diwawancarai pada 19/10/2023.

Acara MCU 2023 kali ini dapat berjalan dengan lancar serta berkesan bagi panitia dan peserta. “Alhamdulillah acara MCU tahun ini bisa dilaksanakan secara offline, sehingga acaranya lebih berkesan. Ini juga sebagai branding dari kampus kita untuk memperkenalkan Unsika pada siswa SMP dan SMA” tutur Amelia Putri (19/10/2023) selaku wakil ketua umum Himadiktika periode 2023. 

Berikut ini merupakan daftar pemenang MCU 2023:

Olimpiade Matematika SMP/MTs

Juara 1 : Nizar Vidyas Nitisara

Juara 2 : Rafa Pramudyo Susanto

Juara 3 : Muhammad Haziq Alfiqnov


Olimpiade Matematika SMA/MA

Juara 1 : Muhammad Fauzi Muharam

Juara 2 : Muhammad Achsan

Juara 3 : Muhammad Ichsan


Cerdas Cermat Matematika 

Juara 1 : Erdizah Ghodi Al Haidar

               Ginting Aldyansyah Putra

               Rajendra Apta Riansa Putra

Juara 2 : Sulaiman Adihikara Wisesa

               M Fa'iq Athallah

               Abdurrochman Isma'il Maajid Pohan

Juara 3 : Jose Setiawan Senjaya

               Muhammad Rezky Ariffadloli

               Sarah Zaskia Putri


Lomba Esai

Juara 1 : Muhammad Iqbal

Juara 2 : Sasa Aulia

Juara 3 : Miftachul Jannah


Peserta juga terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara MCU ini. "Acaranya berjalan dengan lancar dan meriah" ujar Salsabila (19/10/2023) dari SMK Bhineka Karawang yang merupakan salah satu peserta olimpiade matematika tingkat SMA.

Ketua pelaksana MCU menyampaikan kesan, pesan dan harapannya untuk MCU di tahun berikutnya. “Semoga MCU bisa lebih ditingkatkan lagi untuk jenjangnya, mungkin bisa menjadi lomba tingkat nasional seluruh Indonesia dan untuk lomba cerdas cermat matematikanya bisa ditingkatkan lagi. Lalu, semoga lombanya dapat diadakan secara offline kembali supaya pesertanya lebih ramai lagi” tuturnya (19/10/2023). Harapan juga disampaikan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Dori Lukman Hakim dalam sambutannya (19/10/2023) "semoga MCU bisa meningkatkan lombanya menjadi tingkat internasional"


 ➤ Dokumentasi

lihat

➤After Movie





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama