Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika

Club Karya Tulis Ilmiah (KTI)
Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi oleh masa Pandemi Covid-19 dan tuntunan proses pembelajaran semakin tinggi seiring dengan perkembangan zaman. Pada masa Pandemi Covid-19 ini tenaga kerja Pendidikan dituntut untuk kreatif dan inovatif agar proses pembelajaran daring dapat dilaksanaka dengan baik. Namun dengan segala keterbatasan dan tantangan, proses pembelajaran daring belum bisa maksimal sehingga mahasiswa mengalami penurunan motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran, mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi memiliki keinginan untuk memperoleh hasil yang terbaik sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut dapat terwujud. Siswa menginginkan pembelajaran daring yang menarik, menyenangkan, bervariasi, dan kreatif .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang.Peneliti memperoleh data dari kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa pendidikan matematika Unversitas Singaperbangsa Karawang angkatan 2022 sebagai responden secara online. Subjek penelitian dipilih dengan metode random sampling. Kuesioner digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi serta prestasi belajar matematika pada mahasiswa. Mahasiswa menginginkan pembelajaran daring yang menarik, menyenangkan, bervariasi, dan kreatif.


Kata Kunci: metode random sampling, motivasi belajar, pandemi Covid-19, pembelajaran daring, prestasi belajar.

PDF FULL

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama