Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi operasi aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 42 orang siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Klari. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa 8 butir soal uraian kemampuan komunikasi matematis pada materi operasi aljabar dengan kategori skala ≥ 80 dikategorikan dengan sangat tinggi, skala ≥ 65 dikategorikan dengan tinggi dan skala ≥ 35 dikategorikan rendah. Hasil penelitian dari 42 siswa menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi aljabar pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Klari melalui instrumen tes pada masing-masing siswa diperoleh sebanyak 6 siswa dalam kategori skor tinggi, 27 siswa dalam kategori sedang dan 9 siswa dalam kategori rendah. Maka, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Klari dalam mengungkapkan ide matematis berada pada kategori sedang namun hanya ada 1 siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimum.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi; Komunikasi Matematis; Operasi Aljabar.
Posting Komentar