Mengenal MOU HIMATIKA FKIP UNSIKA



Apa Itu MOU HIMATIKA FKIP UNSIKA?

            Math Olympic of UNSIKA atau yang disingkat dengan MOU adalah salah satu Program Kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang. Program Kerja ini diadakan setiap tahun nya oleh Himatika FKIP UNSIKA.

Foto: Peserta MOU
            Awal terbentuknya acara MOU dilaksanakan oleh Himatika Tahun Angkatan 2012/2013 dengan peserta se-Kab. Karawang yang berjumlah sebanyak 36 Siswa/Siswi SMA/MA. Setelah itu, diadakan kembali pada tahun berikutnya yaitu oleh Himatika Tahun Angkatan 2013/2014. Berbeda dengan tahun sebelumnya pada tahun tersebut acara MOU dilaksanakan dengan peserta se-Purwakasi (Purwakarta, Karawang, dan Bekasi). Cakupan peserta pada tahun tersebut lebih meluas ke kabupaten-kabupaten yang dekat dengan Kab. Karawang. Jumlah peserta yang mengikuti pada saat itu sebanyak 44 Siswa/Siswi SMA/MA.

   Adapun Latar belakang diadakannya MOU ini yaitu Pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan usaha belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan IPTEKS yang diperlukan untuk diri sendiri, masyarakat dan Negara. Pendidikan merupakan peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan sepatutnya mendapat perhatian terus menerus dalam upaya peningkatan mutu, sehingga memperoleh hasil maksimal terhadap kualitas maupun kuantitasnya.
Pendidikan memiliki tanggung jawab moral keseluruhan tanpa memandang strata sosial yang berkembang saat ini. Dalam arti, pendidikan mampu mendistribusikan segenap ilmunya kepada seluruh manusia dimuka bumi ini tanpa memandang status atau derajat manusia, dalam hal ini bersifat lepas tanpa membatasi hak-hak manusia sebagai makhluk berfikir yang selalu menginginkan perubahan terhadap diri mereka. Semua itu tidak terlepas dari peran dan tanggungjawab pemerintah secara sadar dalam menyediakan fasilitas yang memadai dan biaya pendidikan yang murah, terjangkau serta meningkatkan mutu pendidikan seoptimal mungkin agar program yang dijalankan tepat sasaran.
Pada perkembangan zaman saat ini, revolusi teknologi menjadi agenda utama dalam perubahan dunia saat ini. Baik dari segi ilmu pengetahuan, ekonomi, pendidikan dan lain – lain. Tatanan dunia berubah secara revolusioner, berbagai fenomena yang ada pada saat ini menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang sangat penting dalam penentuan kualitas sumber daya manusia. Untuk itulah dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia sangat perlu dilakukan pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam matematika.
Perkembangan pembelajaran matematika di indonesia sangat memprihatinkan, karena rendahnya penguasaan teknologi dan kemampuan sumber daya manusia untuk berkompetensi secara global. Pendidikan dan pembangunan bangsa merupakan tanggungjawab dari seluruh elemen bangsa, Pemerintah, masyarakat, sekolah, dan keluarga. Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari masyarakat juga harus turut bertanggung jawab atas permasalahan pendidikan. Mahasiswa sebagai aktor intelektual dan akademisi yang ditumtut untuk menjadi penentu nasib bangsa indonesia di masa mendatang.
Matematika memiliki peranan penting dalam mendukung pengembangan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan pola pikir , kemampuan dan daya nalar. Untuk itu perlu adanya kegiatan yang diharapkan dapat menjadi sebuah stimulan berkembangnya pola pikir, kemampuan serta daya nalar yang menjadi tolak ukur tingkat kepahaman dan kemampuan berfikir generasi muda khususnya generasi muda yang ada di daerah kab. Karawang.
Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Program Studi Pendidikan Matematika yang tergabung dalam wadah Organisasi HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika), merupakan generasi muda yang sangat memiliki peluang untuk melakukan perubahan dalam bidang pendidikan. Sehingga mahasiswa FKIP dituntut untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih agar dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Untuk itu, HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang. Bermaksud mengadakan kegiatan “Math Olympic of UNSIKA”.
Sedangkan Tujuan dan Manfaat dari Kegitan ini diantaranya:
1.      Memberikan kontribusi dalam  rangka pengembangan ilmu matematika melalui kegiatan “Math Olympic of UNSIKAdan sebagai program kerja tahunan HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) FKIP UNSIKA.
2.      Meningkatkan mutu siswa/siswi SMA/MA se–kabupaten PURWASUKASI serta meningkatkan eksistensi sekolah.
3.      Terciptanya Siswa/siswi yang aktif, kreatif dalam mengembangkan potensi serta kemampuan pribadi dan dapat bersaing dengan perkembangan IPTEKS.

Dan pada tahun ini HIMATIKA Tahun Angkatan 2014/2015 mempersembahkan kembali untuk Siswa/Siswi SMA/MA berprestasi dibidang Matematika yaitu “The 3rd Math Olympic of UNSIKA” yang akan dilaksanakan se-PURWASUKASI (Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi). Cakupannya lebih meluas lagi ke Kab. Subang. Pelaksanaan acara ini akan dilaksanakan di Kampus Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang pada tanggal 31 Januari 2015. (RS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama